Dukung UMKM Kendal Rumah Bakat Ma’rufin Adakan Pelatihan Market Digital Gratis!

- Minggu, 12 Maret 2023 | 22:56 WIB
Pelatihan Digital Marketing RBM dan Masyarakat Kecamatan Kendal (dok. Rumah Bakat Ma'ruffin)
Pelatihan Digital Marketing RBM dan Masyarakat Kecamatan Kendal (dok. Rumah Bakat Ma'ruffin)

LiputanKendalTerkini.com - Lembaga Rumah Bakat Ma’ruffin (RBM) Kendal, Jawa Tengah bersama Yayasan Gema Akhlaqul Kharimah (Yagemar) Kabupaten Kendal, kembali adakan pelatihan digital Marketing, kepada para pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) yang ada di Kendal. Pelatihan itu dilaksanakan di aula Kecamatan Kendal, Sabtu (11/03/2023).

Dilansir dari Terasjateng Ketua Lembaga RBM Kendal, Nur Ma’ruffin S.T mengatakan bahwa, pelatihan digital Marketing itu dilakuakannya agar para pelaku UMKM khususnya di Kendal bisa mengembangakan usahanya.

“Menghadapi era digitalisasi yang terus berkembang, penting sekali bagi para pelalu usaha atau UMKM untuk menguasai ilmu digital Marketing, karena dengan menguasi ilmu digital Marketing, tentu pelaku usaha akan lebih bisa mengembangkan usahanya di era digitalisasi yang saat ini terus berkembang,” kata Nur Ma’ruffin.

Baca Juga: SIT Robbani Kendal Kirimkan 3 Guru Mengikuti Pelatihan Kehumasan

Nur Ma’ruffin mengatakan bahwa, dalam pelatihan itu, ada beberapa materi tentang digital Marketing yang disampaikannya diantarany, Marketplace, pembelajaran konsep digital Marketing, fungsi, segmentasi dari masing-masing sosial media seperti, Fcebook, Instagram, linked, line, blog dan lain sebagainya.

“Selain itu, kita juga memberikan pengetahuan tentang teknik-teknik SEO dasar dalam website, fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan dalam Marketing. Hal ini menjadi sangat penting untuk dipelajari oleh para pelaku usaha di zaman era industry 4.0 yang saat ini terus berkembang".

"Selain memberikan pelatihan, kita juga langsung mempraktekkan bagaimana cara mempromosikan atau memasarkan produk di Marketplace dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Tim RBM dan Tim Yagemar Kendal
Tim RBM dan Tim Yagemar Kendal

Baca Juga: Jadwal Bioskop Aneka Jaya Kendal Hari Ini Minggu, 12 Maret 2023

Nur Ma’ruffin menegaskan, sejumlah sektor industri nasional sudah siap memasuki era Industry 4.0. Untuk itu, para pelaku usaha atau UMKM harus bisa mengikuti perekembangan itu.

“Jika para pelaku usaha itu tidak bisa mengikuti perkembang zaman, maka para pelaku usaha itu akan tertinggal dengan pelaku usaha yang sudah siap menghadapi era industry 4.0. Selain itu, juga akan berpotensi kehilangan klien potensialnya. Pelaku usaha yang saat ini masih bersikukuh di strategi Marketing konvensional seperti di zaman dulu maka pasti akan tertinggal jauh dengan yang sudah siap mengadapi era industry 4.0,” terangnya.

Bahkan, lanjut Ma’ ruffin, yang lebih parahnya lagi itu, pelaku usaha yang tidak bisa mengikuti perkembangan zaman tentu bisa kehilangan klien existingnya, karena lari ke perusahaan lain yang lebih gencar pemasarannya, karena dunia digital Marketing itu lebih mudah dan cepat dalam menjangkau pelanggan atau pemasaran dan semua itu bisa dilakukan di setiap waktu dan kapanpun.

pelatihan digital marketing
pelatihan digital marketing

Baca Juga: Banyak Muncul Komentar Serentak Seputar Jalan Rusak di Kendal, Netizen Menuduh Itu Perbuatan Buzzer

Halaman:

Editor: Febriyanto Cahyo Prakoso

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X