Peringati HDI Bupati Rembang Canangkan Gerakan Satu Perusahaan, Satu Persen Pekerja Disabilitas

- Minggu, 4 Desember 2022 | 22:55 WIB
Peringati HDI Bupati Rembang Canangkan Gerakan Satu Perusahaan, Satu Persen Pekerja Disabilitas  (jatengprov.go.id)
Peringati HDI Bupati Rembang Canangkan Gerakan Satu Perusahaan, Satu Persen Pekerja Disabilitas (jatengprov.go.id)

LiputanKendalTerkini.com - Bupati Rembang Abdul Hafidz bersama Wakil Bupati Mochamad Hanies Cholil Barro’, mencanangkan gerakan Satu Perusahaan Satu Persen Pekerja Disabilitas, pada peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI), di Pendapa Museum RA Kartini, Sabtu (3/12/2022).

Pencanangan itu sebagai upaya untuk memperjuangkan kesempatan kerja bagi para difabel di perusahaan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Rembang, Abdul Aziz menyampaikan, di Indonesia, komitmen pelaksanaan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak difabel dituangkan pada Undang-undang Nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

 Baca Juga: BPBD Jateng Himbau Warga Pati Tetap Waspada

Sehingga ia mengintruksikan jajaran Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinnaker) untuk menindak lanjuti gerakan ini. Bagi perusahaan yang tidak memberikan ruang kerja bagi difabel, dapat dikenakan sanksi sesuai perundang-undangan yang berlaku.

"Saya minta perusahaan di Kabupaten Rembang mentaati perundang-undangan, salah satunya perusahaan harus mempekerjakan satu persen jumlah karyawan harus kaum disabilitas," jelasnya.

Kepala Dinperinnaker Kabupaten Rembang, Dwi Martopo mengatakan, pihaknya sudah memberikan pelatihan keterampilan kepada para difabel. Sehingga diharapkan mereka menjadi berdaya, dan dapat berwirausaha.

"Kita sudah meningkatkan keterampilan teman-teman disabilitas, saya berharap nanti bapak ibu yang hadir mau memborong karya temen yang sudah dibuat dan dipajang di stan," ujarnya, sembari menunjuk barang- barang kerajinan karya penyandang disabilitas yang dipamerkan di sekitar lokasi acara.

 Baca Juga: Percasi Kota Pekalongan Hadiri Turnamen Catur Beregu Open Cup 2022

Halaman:

Editor: Annisa Rhea Salsabila

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Festival Petarukan 2023, Angkat Tema Seni dan UMKM

Minggu, 5 Februari 2023 | 04:10 WIB

Mari Healing ke Taman Sunan Jogo Kali Surakarta 

Selasa, 31 Januari 2023 | 10:26 WIB
X